LONDON – Siapa orang yang paling pantas untuk membantu Inggris menciptakan pemerintahan digital, selain penemu internet itu sendiri.

Tim Berners-Lee tidak hanya berhasil menciptakan teknologi world wide web (WWW). Kebetulan ia juga adalah warga negara Inggris yang kemudian dianugerahkan gelar Sir oleh ratu Inggris. Tidak heran jika kemudian pemerintah Inggris sangat berharap jika Sir Tim mau membantu mereka menciptakan transparansi informasi kepada masyarakat Inggris melalui media digital.

Dilansir melalui Telegraph, Minggu (14/6/2009), pemerintah Inggris dikabarkan telah meminta kepada Sir Tim untuk memimpin proses transparansi informasi ini. Tidak hanya mengarsipkan informasi yang diinginkan oleh populasi digital yang terus meningkat, tapi juga membuat bagaimana agar informasi tersebut benar-benar berguna.

Jika di Amerika Barack Obama membuat akses data sebagai hal yang cukup penting, di Inggris publikasi laporan final Digital Britain merupakan hal yang cukup penting untuk menghubungkan pemerintah dengan para wajib pajak.

Tantangan yang barus dihadapi oleh Sir Tim adalah cara untuk mengkolaborasikan dan menghubungkan setiap informasi agar benar-benar berguna. Dengan kata lain, membuat semua infrastruktur informasi memiliki format yang sama dengan dasar pembuatan web.

Sir Tim yakin, satu-satunya cara yang harus dilakukan ke depan adalah dengan menyediakan informasi seutuhnya kepada masyarakat umum, tanpa harus ditambah atau dikurangi.

sumber : sarie okezone