LAS VEGAS – Windows 7 benar-benar menjadi berkah bagi Microsoft. Setelah beberapa waktu lalu dirilis, sistem operasi anyar tersebut mampu meningkatkan keuntungan Microsoft hingga 35 persen. Akan tetapi saham mereka turun lebih dari 3 persen, karena investor berharap keuntungan lebih dari pulihnya sektor teknologi.

Meningkatnya penjualan, yang tidak diringi dengan naiknya saham Microsoft, menurut beberapa pengamat menunjukkan bahwa pemulihan belum berjalan lancar bagi perusahaan perangkat lunak terbesar di dunia.

“Mungkin harapan orang-orang itu sedikit lebih rendah dari harapan angka Microsoft,” kata toan Tran, analis pada Morningstar, seperti dikutip Guardian, Jumat (23/4/2010).

Menurut Gartner, penjualan IT akan mengalami peningkatan menjadi naik 12 persen pada tahun 2010. Perusahaan tersebut memprediksei akan terjadi peningkatan besar-besar bagi Microsoft, yang menyediakan sistem operasi selama lebih dari 90% dari komputer di dunia.

“Microsoft akan meraih keuntungan lebih dari pulihnya sektor IT, karena bisnis pembelian PC biasanya membawa keuntungan lebih bagi Microsoft, sebab mereka mendapatkan produk versi yang lebih profesional produk,” tambah Tran

Microsoft melaporkan laba bersih USD4.01 miliar untuk kuartal fiskal ketiga yang berakhir 31 Maret, naik USD2.98 miliar, dibandingkan setahun yang lalu.
(tyo)